Kamis, 30 Januari 2014

Pidato tentang Sumpah Pemuda

Maaf jika postingan saya kali ini menyimpang dari tema blog ini, tapi tetap bermanfaat kan!!

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Kepada yang terhormat Kepala SMP Negeri 20 Malang,
Para Bapak/Ibu Guru dan Staf  SMPN 20 Malang yang saya hormati,
Dan Teman – Teman yang saya sayangi.
             Pertama – tama mari kita panjatkan puji syukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa Karena dengan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita bisa dapat berkumpul lagi dalam acara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke- 86 ini.
Hadirin yang berbahagia,
             Saya selaku wakil dari kelas IX sudah sepantasnya mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada hadirin, yang penuh keikhlasan dan bersedia hadir dan meluangkan waktunya untuk menghadiri acara hari sumpah pemuda ini.
             Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato yang berjudul “ hari sumpah pemuda ”. saya akan menyampaikan beberapa hal – hal mengenai hari sumpah pemuda yang saya ulas dalam pidato ini sehinnga kita tahu bagaimana perjuangan para pemuda dahulu.
Hadirin yang terhormat,
               Setiap tanggal 28 Oktober kita akan selalu memperingati hari sumpah pemuda di seluruh Indonesia. Perlu kita ketahui kenapa kita harus selalu memperingati hari sumpah pemuda ini. Kita selalu memperingati hari sumpah pemuda ini sebab karena perjuangan para pemuda Indonesia yang tidak sulit. Tekad para pemuda yang tiada hentinya untuk membebaskan para pemuda yang lain agar bisa sekolah dan menggapai cita – cita mereka.
               Kita ketahui bahwa perjuangan para pemuda tidaklah mudah, mereka bersusah payah untuk memperjuangkan persatuan dan kesatuan yang mereka tananam melekat di jiwa mereka. Rasa senasib sepenanggungan sebagai bangsa yang terjajah, merupakan modal kuat bagi mereka untuk bersatu. Untuk itu mereka pun berusaha mencari jalan keluar dari semua permasalahan itu.

Hadirin yang terhoramat,
               Bangsa kita telah dijajah sudah lama sekali oleh bangsa Belanda yang sekitar 350 tahun lamanya. Perlu kita ketahui para pemuda saat itu sedang memikirkan bagaimanana agar mereka bisa bersekolah. Di zaman sekarang ini sangatlah mudah untuk bersekolah, sedangkan dahulu sangatlah sulit. Sebab hanya orang keturunan belanda saja yang dapat atau bisa bersekolah. Oleh sebab itu mereka pun membentuk suatu organisasi yang tersebar di mana – mana yang ada di seluruh nusantara.
               Organisai itu antara lain yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamienten Bond, dan Jong Ambon. Semua anggota organisasi tersebut adalah para pemuda Indonesia yang ingin mengeluarkan indonesia dari keterpurukan yang dialami pemuda disana.
               Oleh sebab itu, mereka pun melakukan rapat yang disebut kongres pemuda yang ke–2 dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia yang disingkat PPPI. Akhirnya setelah melakukan beberapa rapat mereka pun berhasil merumuskan sebuah text yang disebut Text Sumpah Pemuda yang berisi :
  • Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  • Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  • Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Dari isi text sumpah pidato tersebut bahwa nilai kandungannya adalah secara tegas membulatkan tekad para pemuda, bahwa meskipun berasal dari pelbagai suku, golongan atau organisasi, tetapi pada hakikatnya tetap satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Persamaan tekad dan pengakuan inilah yang pada akhirnya membawa keluhuran cita-cita yang sama, yakni kemerdekaan Indonesia.
Hadirin yang berbahagia,

                Oleh karena itu kita patut berterima kasih kepada para pemuda yang telah memperjuangkan negara kita ini dan kita patut bersyukur sebab banyak orang masih membutuhkan sekolah yang layak seperti kita pada saat ini. Untuk itu kita harus berusaha dan berusaha untuk menggapai cita – cita yang kita inginkan dengan bersungguh – sungguh dalam belajar sebab kita masih diberi kesempatan agar bisa mencapai cita – cita kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code